Mou diusir wasit, Madrid gagal meraih point penuh



VILLARREAL - Real Madrid mulai menunjukkan performa inkonsisten. Untuk kali kedua beruntun, skuad Los Blancos gagal meraih kemenangan yang membuat keunggulan poin mereka atas Barcelona kian tergerus.

Setelah pekan lalu ditahan Malaga 1-1, El Real harus kembali gagal meraih poin penuh saat menghadapi tuan rumah Villarreal, setelah harus kembali puas bermain 1-1 dalam laga yang sempat diwarnai dua kartu merah untuk Sergio Ramos dan Mesut Ozil serta diusirnya Jose Mourinho di menit-menit akhir laga.

Dengan hasil ini, Madrid harus rela keunggulan poinnya atas Barcelona (menang 5-3 atas Granada) kembali tergerus. Kini, Madrid yang mengoleksi 72 poin, hanya unggul enam angka dari Blaugrana (66) di tempat kedua.

Bertandang ke markas Villarreal di El Madrigal pada jornada ke-28 La Liga, Kamis (22/3/2012) dini hari WIB, Madrid langsung menerapkan permainan ofensif.

Di menit ke-9, El Real sudah membuka peluang lewat sundulan Pepe menyambut umpan Xabi Alonso. Namun, bola yang bergulir menuju gawang berhasil disapu oleh Christian Zapatta.

Villarreal yang ditukangi pelatih anyar, Miguel Angel Lotina cukup berani meladeni permainan Madrid. Di menit ke-16, Cani membuka peluang lewat tendangan keras yang masih tipis di sisi gawang Iker Casillas.

Tiga menit berselang, kubu The Yellow Sumbarines, kembali mendapat peluang. Sergio Ramos melakukan blunder. Nilmar yang memanfaatkan kesalahan tersebut langsung melepaskan sepakan keras. Beruntung bagi Madrid, Casillas mampu menggagalkan peluang tersebut.

Secara umum, jalannya babak pertama relatif seimbang. Kedua tim pun harus puas mengakhiri paruh pertama laga dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Madrid yang lebih berani dalam mengambil inisiatif serangan akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit ke-62. Cristiano Ronaldo membawa timnya unggul setelah menerima umpan backheel cantik Mesut Ozil.

Megabintang Portugal yang menerima di kotak penalti dengan cerdik mengecoh kiper Villarreal Diego Lopez dan kemudian menceploskan bola ke gawang kosong.

Lima menit berselang, Madrid berpeluang besar menggandakan keunggulannya. Umpan sepak pojok Ozil berhasil ditanduk Ramos namun masih membentur Zapatta. Bola muntah kembali menguntungkan Madrid, di mana Sami Khedira langsung menyambutnya dengan tendangan. Namun, lagi-lagi bola yang tengah meluncur ke gawang kembali berhasil dibuang pemain Villarreal.

Pertandingan kian menarik di 15 menit terakhir. Villarreal yang tengah berjuang menjauhkan diri dari zona merah akhirnya berhasil mencetak gol balasan di menit ke-80.

Wasit memberikan hadiah tendangan bebas kepada Villarreal menyusul pelanggaran Hamit Altintop kepada Joan Oriol. Marcos Senna yang maju sebagai eksekutor sukses membobol gawang Casillas setelah tendangannya membentu pagar hidup pemain Madrid dan meluncur deras tanpa mampu dijangkau kiper nomor satu Spanyol tersebut. Skor kembali sama kuat 1-1.

Mourinho nampaknya tidak terima dengan hadiah tendangan bebas yang diberikan Jose Luis Paradas Romero, karena menilai insiden tersebut tidak seharusnya mendapat hadiah tendangan bebas.

Pelatih Portugal ini bahkan sempat menyindir sang wasit dengan bertepuk tangan. Sang pengadil yang tak terima dengan perlakuan Mou langsung merespon dengan mengusirnya dari bench Madrid di menit ke-85.

Sampai di sini, situasi ternyata belum sepenuhnya kondusif. Beberapa saat setelah pertandingan dilanjutkan, Romero kembali mencabut kartu merah dari sakunya.

Kali ini giliran Ramos yang diusir karena mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Nilmar. Keputusan ini sontak kembali membuat para punggawa Madrid kesal. Mereka pun melakukan protes keras.

Mesut Ozil yang terkenal sebagai pemain yang kalem pun tak kuasa melontarkan kritikan yang ternyata membuat Romero naik pitam, sehingga mengganjar bintang timnas Jerman itu dengan kartu merah.

Usai dari insiden controversial tersebut, Madrid melanjutkan pertandingan dengan hanya sembilan pemain di lapangan plus tanpa Mourinho. Kondisi ini praktis tak mampu dimanfaatkan Ronaldo dkk untuk mencetak gol kemenangan. Hingga berakhirnya laga, skor 1-1 tidak berubah.